Kebiasaan Yang Bisa Membuat PC Lemot

Kebiasaan Yang Bisa Membuat PC Lemot

Kebiasaan Yang Bisa Membuat PC Lemot,  Padahal Sangatlah Sepele

PC kamu terasa sangat lemot dan sering terjadi? Mungkin kalian sering melalukan kebiasaan yang bisa membuat PC lemot. Maka dari itu simak apa penyebabnya.

Memiliki PC yang lemot merupakan hal yang sungguh menyebalkan, apalagi lemotnya saat kita sedang bekerja. Selain dari pengaruh hardware yang telah lama, PC kalian mengalami lemot juga bisa disebabkan oleh hal lainnya.

Kebiasaan kalian dalam cara menggunakan PC juga bisa menjadi alasannya. Walau kita lihat itu merupakan hal yang cukup sepele seperti tidak melakukan restart PC secara rutin, tapi dapat berdampak besar terhadap kecepatan PC.

Berikut ini  merupakan beberapa kebiasaan yang biasa dilakukan sehingga menjadi penyebab PC kalian menjadi lemot. Apa saja sih kebiasaan itu? mari , simak artikel selengkapnya dibawah ini.

Kebiasaan Yang Membuat PC Lemot

PC atau personal computer merupakan sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan komputerisasi. Mulai dari bekerja hingga bermain game sekalipun.

Awalnya PC hanya digunakan oleh orang tertentu saja, namun seiring berkembangnya jaman dan teknologi, PC kini menjadi sebuah  perangkat yang umum untuk dimiliki oleh seseorang.

Seperti perangkat lainnya, PC harus dirawat dengan benar sehingga selalu berada dalam kondisi yang maksimal. tidak hanya soal merawat fisiknya, tapi juga perangkat lunaknya.

Tanpa disadari, ada hal yang tidak disadari oleh pengguna sehingga membuat PC menjadi lemot. Apa saja kebiasaan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Membuka Terlalu Banyak Program

Kebiasaan Yang Bisa Membuat PC Lemot

Hal pertama yang membuat PC lemot karena terlalu banyak membuka program yang diluar batas dari kemampuan RAM PC kamu. Setiap program pasti akan membutuhkan ruang RAM tertentu. Apabila kalian menggunakan aplikasi yang melebihi dari kapasitas RAM, PC kalian pasti akan menjadi lemot.

Hal lain yang dapat menyebabkan PC lemot adalah aktivitas installing program yang kalian lakukan, apalagi jika kalian hanya menghandalkan RAM yang memiliki kapasitas yang kecil dan ruang penyimpanan HDD.

Cara untuk dapat mengatasinya tentu saja harus membatasi program yang sedang kamu buka atau menambahkan ruang pada RAM dan mengganti ruang penyimpanan menjadi SSD.

2. Program Startup Yang Terlalu Banyak

Kebiasaan Yang Bisa Membuat PC Lemot

Selanjutnya adalah mengizinkan terlalu banyak program untuk menyala secara otomatis saat kamu sedang membuka PC alias program startup. Hal ini pasti akan membebani kinerja dari prosesor PC kalian.

Program startup ini akan membebani PC kamu diawal saja, tapi tetap saja dapat menjadi hal yang menyebalkan. Untuk mengatasinya, kamu dapat masuk ke Task Manager (Ctrl+Shift+Esc).

Lalu, masuk ke kolom Startup dan disable aplikasi yang tidak penting. Hal ini akan menghentikan program untuk terbuka di awal.

3. Tidak Pernah Melakukan Restart PC

Kebiasaan Yang Bisa Bikin PC Lemot 3 C8647

Mungkin hal ini terdengar sangatlah simpel dan sering diabaikan oleh banyak orang, tapi dengan restart PC secara berkala maka akan membantu untuk me-refresh RAM PC kamu juga loh.

Beberapa di antara kalian pasti sangat sering meninggalkan komputer dengan keadaan menyala berhari-hari, entah karena kebutuhan kerja atau memang agar lebih mudah buatmu melakukan berbagai kegiatan.

Tapi, hal itu tentu saja akan membuat RAM PC kamu semakin berat. Langkah restart PC menjadi penting agar PC kamu kembali ke keadaan fresh.

Tiap program yang baru kamu install juga akan diproses dengan maksimal saat restart PC. Untuk mendapat hasil yang maksimal, kamu bisa restart PC setidaknya beberapa kali seminggu.

4. Terjebak Tombol Iklan

Apakah kalian sangat suka melakukan download film ataupun game gratisan? Pastinya kalian pernah menemukan sebuah situs halaman yang sangat banyak iklan berupa tombol download. Hal itu sangat menyebalkan, apalagi jika kamu salah pilih tombol yang mengarahkan kamu ke situs asing.

Jika kamu tidak hati-hati, PC kamu bisa kemasukan virus jahat dari internet. Salah satu cara untuk melindungi kamu dari iklan yang jahat adalah menggunakan aplikasi antivirus.

Seandainya kamu salah menekan tombol saja, maka antivirus akan segera memberikan kamu perlindungan secara otomatis dengan menutup situs jahat serta unduhan yang berisiko tinggi untuk PC kalian.

5. Menyimpan Banyak Data Yang Tidak Penting

Menyimpan data adalah hal yang sudah biasa dilakukan, namun hal ini ternyata bisa berdampak terhadap proses kecepatan PC kamu. karenanya, tiap PC pasti akan memiliki dua atau lebih Local Disk.

Local Disk yang menyimpan sistem operasi adalah yang terpenting dan tidak boleh kamu ganggu dengan data tidak penting. Apalagi jika data di dalamnya menyentuh hingga 80% dari kapasitas atau lebih. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan Local Disk lain untuk menyimpan data atau menggunakan HDD eksternal.

Itu dia beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan PC lemot dan sering diabaikan oleh pengguna. Kebiasaan mana yang sering kamu lakukan saat beraktivitas di PC? Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar yang ada dibawah ini yah.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.