Alasan Jangan Menggunakan WiFi Publik

Alasan Jangan Menggunakan WiFi Publik

Alasan Jangan Menggunakan WiFi Publik, Lebih Banyak Bahaya Dari Pada Untungnya!

Ketika kalian terkoneksi jaringan WiFi publik, ada berbagai ancaman keamanan dari data kalian. Itulah Alasan Jangan Menggunakan WiFi Publik sebagai berikut.

WiFi atau Wireless Fidelity adalah produk teknologi yang memungkinkan pengguna untuk bertukar data tanpa perlu kabel jaringan.

Teknologi WiFi ini dapat Anda temukan di berbagai hot spot di daerah Anda dan tentu saja Anda sering menggunakan teknologi ini, kan?

Bagi Anda yang sering menggunakan WiFi (WiFi terutama publik), harus sekarang Anda harus mulai segera mengurangi kebiasaan Anda.

Bila Anda terhubung ke jaringan bahwa teknologi penggunaan WiFi (misalnya penyediaan hotspot WiFi publik), sebenarnya ada berbagai ancaman keamanan tanpa sepengetahuan data yang Anda harapkan. Masing-masing dari ancaman ini? Pembahasan berikut.

Alasan Untuk Tidak Menggunakan WiFi Publik

1. Bahaya Snooping

31ea01745795c80f3cf92309359802cf

Bahaya pertama yang menanti Anda jika Anda terhubung terlalu sering Wi-Fi publik adalah ancaman spionase.

Mengintip atau mengamati aktivitas atau bisa memata-matai komputer orang lain untuk mendapatkan informasi seperti password email, media sosial, bahkan situs Anda akses.

Secara umum, hotspot WiFi publik yang ada di berbagai tempat tidak memerlukan user untuk memasukkan password untuk login.

Ini berarti bahwa semua informasi yang mengalir melalui terenkripsi publik Wi-Fi. Tentu saja, itu akan membuka ruang bagi orang lain untuk mengakses layar komputer Anda menggunakan beberapa aplikasi seperti Firesheep untuk informasi.

2. Menyusup Kedalam Komputer Dengan WiFi

6682d895251b1a9bfec455a39594adc4

Ketika terhubung ke jaringan WiFi publik, Anda tidak harus meminta Anda untuk memilih lokasi jaringan, baik di jaringan rumah, jaringan kantor atau jaringan publik.

Tergantung pada pilihan, Anda cukup membuka ruang yang memungkinkan pengguna lain untuk menyusup ke komputer Anda melalui jaringan menggunakan teknologi WiFi.

Untuk menyingkirkan penyusup, pastikan untuk memilih jaringan publik. Dengan memilih opsi ini, sistem komputer Anda akan memastikan semua data yang Anda tidak berbagi publik melalui jaringan yang Anda terhubung. Selain itu, Anda juga harus memperbarui aplikasi antivirus dan keamanan Anda yang lain.

3. Ancaman Dari Malware

D13c39afbcd296595879fe3d297b9888Selain masalah mengintai dan intrusi, masalah lain yang mengancam Anda ketika terhubung ke jaringan WiFi publik malware.

jaringan publik WiFi adalah jaringan terbuka tanpa enkripsi, yang tentu saja dapat digunakan oleh orang lain (misalnya hacker) untuk penyebaran malware pada komputer pengguna melalui jaringan WiFi publik Anda terhubung.

4. Hotspot Yang Menjebak

Ffc0865399d31e77f443946f2de3c10d

Kemungkinan lain yang menanti Anda jika tidak hati-hati dalam memilih hotspot publik. Termasuk menggunakan teknologi WiFi adalah bahwa Anda dapat masuk ke jaringan WiFi sengaja diciptakan oleh unsur-unsur tertentu seperti hacker.

Dengan menghubungkan ke hacker WiFi publik yang dibuat di daerah ini, tentu saja, risiko pencurian informasi, infeksi malware, dan lain-lain akan lebih karena jaringan WiFi publik dikendalikan sepenuhnya oleh hacker

5. Titik Akses Dari Para Penjahat

penjahat mengecoh titik akses ke korban untuk menghubungkan ke jaringan yang tampak seperti jaringan yang sah. Dengan menggunakan nama yang tidak berbahaya yang terdengar, seperti nama perusahaan atau hotel tempat Anda tinggal sekarang.

Bagi siapa saja yang menginstal jaringan dapat nama apa yang mereka inginkan. Anda dapat mencari dan terhubung ke jaringan WiFi bernama “Café Joel,” sedangkan resmi, jaringan yang sah sebenarnya “Joel Coffee Shops”.

Anda tidak akan pernah tahu bedanya dan dapat langsung masuk ke hacker perangkap. Anda hanya terhubung ke hotspot pidana disiapkan oleh penjahat cyber sekarang dapat melihat semua yang Anda lakukan.

6. Serangan MitM

Salah satu ancaman yang paling umum terjadi pada jaringan publik sering disebut dengan serangan Man Iin the Middle (MITM / orang di tengah).

Bahkan, serangan MITM adalah semacam tindakan mendengarkan ilegal. Ketika komputer atau ponsel terhubung ke Internet, data dikirim dari perangkat ke layanan atau situs web.

Ketika saatnya untuk berbagai kerentanan dapat memungkinkan orang lain untuk masuk ke tengah transmisi dan melihat segala sesuatu.

Sekarang, dengan peralatan yang tersedia hack online gratis, hack jaringan publik sangat mudah, bahkan untuk pengguna yang terbatas pengetahuan teknis seluk beluk.

Bahkan, menciptakan serangan MITM pada WiFi publik begitu mudah hanya untuk menekankan ini. HMA menjalankan eksperimen yang saat ini seorang putri berusia 7 tahun mampu membajak jaringan publik berhasil, hanya menggunakan laptop dan google beberapa tutorial.

Seluruh proses memakan waktu kurang dari 11 menit untuk anak kecil, pada akhir percobaan, dapat mencuri informasi langsung dari komputer lain yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Pesan kami untuk selalu berhati-hati dalam mengakses jaringan publik yang tidak menggunakan kode enkrisp password. Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk terhindar dari masalah tersebut.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.